Tips Menurunkan Berat Badan dengan Pengaturan Pola Makan

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

pola-makan-diet

Seperti anda ketahui sel lemak selalu akan terisi bila ada energi yang tidak terpakai, maka makanan sebagai energi masuk harus diatur, makanlah menurut kebutuhan energi anda. Anda dapat mengetahui berapa kebutuhan energi dengan melakukan perhitungan berikut:

Kebutuhan Energi = BB Ideal x 35 kkal

Sedangkan BB Ideal = (TB-100) x 0,9

Contoh :

TB = 160 cm

BB ideal = (160 – 100) x 0,9

= 60 x 0,9

= 54 kg

Sedangkan kebutuhan Energi

= 54kg x 35 kkal

= 1.890 kkal

Jadi kebutuhan kalori anda perhari adalah

1.890 kkal.

 

Setelah anda mengetahui berapa kebutuhan kalori, anda dapat mulai mengatur diet, dengan memperhatikan kalori dari tiap makanan yang anda santap, sebagai alat bantu anda dapat menggunakan Daftar Bahan Makanan Pengganti.

 

  1.  Jangan yang digoreng

Masaklah mi dalam air, jangan digoreng. Begitu juga dengan nasi. Sajikan nasi yang ditanak/dikukus, jangan yang digoreng. Memilih daging juga lebih baik yang dipanggang.

  1. Kunyah Perlahan

Kunyahlah makanan secara perlahan-lahan dan cobalah menikmati makanan sewaktu berada dalam mulut. Dengan demikian akan menyebabkan lambung cepat kenyang dan membantu mencegah makan terlalu banyak. Nasihat lama yang masih boleh diikuti, kunyahlah makanan setidaknya 32 kali sebelum menelannya.

  1. Ambil sedikit

Ambillah makanan pertama sedikit mungkin ke dalam piring Anda. Tambah sedikit demi sedikit bila masih lapar. Cara ini dilakukan agar Anda tidak merasa terpaksa harus menghabiskan makanan yang sudah berada di piring.

  1. Tinggalkan meja setelah selesai

Disarankan untuk segera meninggalkan meja makan setelah selesai dan jangan dilanjutkan dengan mengobrol. Ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari iseng atau keinginan ngemil

dan mengambil makanan dari sana-sini sehingga tak terasa perut menjadi terlalu kenyang.

  1. Hindari kadar gula dan lemak tinggi

Hindari makanan berkadar gula dan lemak tinggi seperti cake cokelat, kue-kue (pastries), lemak hewan, mentega, susu full cream, jeroan dan lain-lain.

  1. Konsumsi banyak sayur & buah

Mengkonsumsi banyak sayuran & buah, biji-bijian, kacang-kacangan dapat menjaga jumlah kalori yang masuk agar sesuai dengan kebutuhan.

  1. Waspadai minuman bersoda

Anak-anak yang mengkonsumsi minuman ringan berkadar gula tinggi berisiko tinggi mengalami kegemukan. Laporan para peneliti Amerika yang diterbitkan oleh The British Medical Journal The Lancet, remaja AS perlu segera mengurangi minuman bersoda dan junk food yang berisiko mengganggu kesehatan. “Kami menemukan selalu ada minuman ringan di setiap hidangan tambahan, dan risiko kegemukan meningkat kira-kira 50 persen,” kata Ludwig

 

 

akhmad rizaldi

akhmad rizaldi

Seorang Blogger Geek yang bekerja sebagai ASN
akhmad rizaldi

Latest posts by akhmad rizaldi (see all)

akhmad rizaldi

Seorang Blogger Geek yang bekerja sebagai ASN

More Posts - Website

Leave a Reply