15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Posted on

15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Jerawat merupakan permasalahan wajah yang sangat menjengkelkan. Walaupun bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun jerawat sangat dihindari tidak saja oleh remaja, namun juga oleh orang dewasa. Jerawat, meski dengan ukuran yang kecil pada wajah, membuat seseorang merasa minder dan tidak percaya diri, apalagi ketika jerawat tersebut meninggalkan bekas noda pada saat sudah sembuh. Jerawat sebetulnya adalah fase lazim yang terjadi ketika usia beranjak remaja. Di antara orang dewasa, jerawat disebabkan lebih karena stres dan gaya hidup yang tidak sehat serta ketidakseimbangan hormon, jadi untuk menghindarinya, konsumsi makanan bergizi dan terapkan pola hidup sehat.

Ada empat faktor utama yang menyebabkan jerawat, yakni: produksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, pori-pori tersumbat dan bakteri. Jerawat biasanya muncul pada wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Bagaimana jerawat timbul? Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (zat minyak), sel-sel kulit mati dan bakteri, kulit akan meradang kemudian muncullah jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang bisa anda lakukan. 15 cara berikut mungkin unik dan belum pernah anda dengar sebelumnya, tapi tidak ada salahnya anda coba, toh tidak akan membahayakan kulit anda. Siapkan diri anda, karena akan membaca artikel yang panjang. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat juga sangat mudah didapat, diantaranya :

1. LEMON

Lemon merupakan buah yang paling populer digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat membandel. Lemon mengandung banyak sifat-sifat seperti antibakteri, zat pencerah kulit, vitamin C, asam sitrat, antioksidan yang kuat dan juga mencegah munculnya bekas jerawat. Lemon mengandung sifat anti-bakteri dan antimikroba yang membantu untuk melawan bakteri menyebabkan jerawat. Kandungan asam dalam lemon bertindak sebagai kimia exfoliant yang menghilangkan sel-sel kulit mati (yang menyumbat pori-pori yang mengakibatkan infeksi dan iritasi) pada lapisan atas dan bertindak sebagai pengelupasan alami untuk menyingkirkan jerawat.

Lemon mengandung zat pencerah kulit, vitamin C

Lemon mengandung zat pencerah kulit, vitamin C

Berikut ini cara menghilangkan jerawat menggunakan lemon, mari kita simak:

  • Cuci wajah dengan air hangat lalu keringkan. Ambil buah lemon segar dan peras sari nya dalam wadah. Celupkan bola kapas atau cotton but ke dalam jus lemon lalu terapkan langsung pada bagian area jerawat. Lakukan hal ini pada malam hari dan cuci bersih saat anda bangun.
  • Campurkan sari lemon dengan yogurt (anda bisa membeli yogurt di supermarket). Lakukan hal yang sama dengan mengoleskan campuran tersebut dengan bola kapas ke area jerawat. Biarkan beberapa menit, lalu cuci bersih wajah anda.
  • Campurkan sari lemon dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis (berfungsi sebagai antioksidan dan membunuh bakteri penyebab jerawat). Aduk rata hingga jadi pasta, lalu terapkan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Biarkan selama 15-20 menit (bisa anda pakai sebelum tidur), kemudian mencucinya dengan air hangat.

2. MADU

Bahan yang kaya akan manfaat. Madu sering sekali digunakan untuk terapi kesehatan. Selain dapat digunakan untuk memerahkan bibir, madu merupakan rahasia bahan dari produk jerawat dan masalah kecantikan lainnya. Madu memiliki zat penyembuh alami yang terdiri dari enzim, anti bakteri, dan antioksidan yang tinggi. Madu memiliki efek osmotik; yakni menyerap air dalam luka dan antiseptik baik yang membunuh bakteri dan membersihkan jerawat. Probiotik alami dan sifat antibakteri pada madu secara efektif mengurangi jerawat dan mencegah pembentukan jerawat baru. Berikut ini cara menghilangkan jerawat menggunakan madu, mari kita simak:

  • Umumnya digunakan dalam dua cara, sebagai masker/scrub, diterapkan secara langsung ke daerah yang terkena dan sebagai suplemen makanan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Oleskan madu dengan bola kapas pada area yang berjewarat. Tunggu 15 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Anda juga bisa mengoleskan madu sebelum tidur, balut/tutup dengan kapas, lalu bilas dengan air bersih pada saat anda bangun.

3. TOMAT

Cara menghilangkan jerawat menggunakan tomat. Buah tomat sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Tomat membantu untuk menghilangkan kelebihan minyak dari wajah, mengecilkan pori-pori dan membuat kulit sehat. Tomat mengandung antioksidan bernama lycopene yang melindungi kulit dan biasa digunakan sebagai bahan dasar produk anti aging, kemerahan pada kulit dan regenerasi sel kuli mati.

tomat

Tomat untuk menghilangkan minyak berlebih

Tomat juga bisa mencegah jerawat timbul kembali dan menghilangkan bekasnya

  • Oleskan saja tomat yang sudah dipotong pada wajah yang ditumbuhi jerawat. Diamkan beberapa saat agar kandungannya meresap ke kulit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Anda juga bisa membuat masker wajah dari buah tomat. Lembutkan 1 buah tomat (bisa anda campur madu), lalu terapkan di wajah, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.
Taukah Kamu?  Tips Untuk Hidup Yang Sukses Tanpa Ada Jerawat

4. LIDAH BUAYA

Lidah buaya mengandung hormon yang disebut Giberelin dan Polisakarida yang membunuh bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya juga memiliki efek menenangkan dan penyembuhan pada kulit. Selain sifat antibakteri, juga mengurangi kemerahan, flek hitam dan pembengkakan pada kulit. Lidah buaya juga mengandung vitamin, mineral, protein, asam amino dan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit agar berfungsi dengan baik. Berikut ini cara menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya, mari kita simak:

  • Caranya : pisahkan gel dari kulit nya. Oleskan langsung ke area jerawat, tunggu 3-5 menit lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan air jeruk nipis; campur gel lidah buaya dengan 3-4 tetes air jeruk nipis, lalu campurkan. Oleskan pada bagian berjerawat pada malam hari sebelum tidur, dan bilas dengan air bersih daat anda bangun.

5. PUTIH TELUR

Putih telur juga bisa anda coba untuk menghilangkan jerawat yang anda derita. Putih telur juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Putih telur mengandung vitamin dan asam amino yang membantu untuk membunuh jerawat dan membangun kembali (regenerasi) sel-sel kulit.

putih telur

  • Ambil 2 butir telur, kemudian pisahkan putih telur dari kuningnya. Aduk secara merata dan biarkan selama kurang lebih 3 menit. Lalu oleskan adukan putih telur tersebut ke jerawat menggunakan jari-jari anda. Tunggu hingga kering kemudian ulangi lagi selama 4 kali. Setelah itu bilas dengan air bersih dan pakai pelembab kulit.

6. DAUN KEMANGI

Anda mungkin tahu bahwa daun kemangi yang digunakan untuk memasak. Tapi apakah Anda tahu bahwa ia memiliki kandungan kuat antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat digunakan untuk menyingkirkan jerawat? Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa kemangi sangat efektif dalam pengobatan dan antibiotik. Ekstrak daun kemangi juga dapat mengendalikan pembengkakan jerawat.

  • Letakkan 10 lembar daun kemangi dalam panci kecil dan lembutkan dengan sendok. Masukkan segelas air dan rebus daun selama 5 menit. Setelah mendidih, angkat lalu dinginkan dahulu. Celupkan kapas ke air daun kemangi tersebut, lalu oleskan ke jerawat. Anda dapat menyimpan sisa air daun kemangi dalam kulkas selama 5 hari. Pakai secara rutin.

7. MENTIMUN

Vitamin dan nutrisi dalam mentimun memiliki beberapa manfaat yang luar biasa pada kulit. Mentimun mengandung Silika, yakni komponen penting yang membantu untuk menyembuhkan sel kulit yang rusak. Mentimun memiliki efek pendinginan alami untuk meredakan kemerahan, peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu mentimun kaya vitamin E yang membantu untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan jerawat, serta kaya mineral dan asam amino untuk membangun kembali dan meremajakan kulit kusam.

  • Kupas dan iris tipis mentimun segar. Tempatkan irisan mentimun pada kulit terkena jerawat dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Ulangi proses ini setiap hari untuk mengurangi jerawat. Metode ini juga bisa digunakan menghilangkan bekas jerawat. Perpaduan mentimun dan lemon juga bisa anda terapkan. Kupas dan potong secukupnya mentimun segar. Blender mentimun kemudian saring dan sisakan sarinya. Campur dengan air lemon, kemudian oleskan campuran tersebut dengan bola kapas pada jerawat. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

8. ALPUKAT

Jika anda mencari pengobatan alami untuk jerawat, alpukat adalah salah satu yang cukup efektif. Selain murah, alpukat juga mudah didapat dan bisa buat minuman kesehatan. Ada beberapa alasan mengapa alpukat adalah pilihan yang baik untuk pengobatan jerawat. Alpukat kaya akan vitamin E, bagus untuk kulit, menghindarkan infeksi dan peradangan. Alpukat memiliki efek pelumas pada kulit. Bermanfaat untuk membuat kulit lembut dan kenyal.

Alpukat kaya akan vitamin E

Alpukat kaya akan vitamin E

  • Buat masker dari bahan antara lain alpukat, madu dan jeruk nipis. Lembutkan setengah potong alpukat, lalu campur dengan 1 sdm madu dan 3-4 tetes jeruk nipis, aduk hingga merata. Lalu oles secara merata campuran tersebut ke wajah, jangan menggosok area berjerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan proses ini setiap hari hingga wajah anda bebas jerawat.
Taukah Kamu?  Beberapa makanan yang bisa membantu kamu menambah berat badan!

9. STROBERI (STRAWBERRY)

Buah Stroberi mungkin sulit anda dapatkan, hanya ada di beberapa supermarket besar. Namun tidak ada salahnya anda coba. Stroberi mengandung asam salicyclic, yakni bahan dasar beberapa produk komersial yang digunakan untuk mengobati jerawat. Asam salicyclic merangsang epidermis (lapisan atas kulit) untuk melepaskan sel-sel dengan lebih cepat. Jadi pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan bakteri bisa dinetralisir. Zat ini juga mendorong perkembangan sel-sel kulit baru dan menutup pori-pori untuk mencegah infeksi.

  • BersihkAn terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Cuci 1 buah stroberi lalu lembutkan. Setelah itu campurkan 1 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut ke area berjerawat, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi langkah ini setiap pagi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

10. WORTEL

Wortel juga terkenal untuk kulit karena memiliki sifat penyembuhan. Vitamin A pada wortel merupakan kandungan utama dari beberapa obat jerawat di Amerika yang dikenal sebagai retinoid, tretinoin, isotretonion, dsb. Anda bisa menggunakan wortel secara internal (jus wortel) maupun eksternal. Wortel kaya dengan vitamin dan karoten, adalah salah satu solusi alami untuk jerawat.

  • Minum jus wortel setiap hari. Disarankan untuk membuat jus wortel pada pagi hari saat perut kosong, agar bekerja maksimal pada kulit.
  • Cara yang kedua adalah mengoleskan jus wortel menggunakan bola kapas ke area berjerawat. Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun pada saat penerapan luar (bukan diminum ya). Ulangi proses ini setiap hari agar wajah anda terbebas dari jerawat.

11. KUNYIT

Cara menghilangkan jerawat dengan Kunyit. Kunyit digunakan dalam Ayurveda, obat-obatan India kuno untuk mengobati banyak masalah kesehatan termasuk jerawat. Kunyit memiliki sifat anti-bakteri dan anti jamur yang membantu untuk membunuh bakteri jerawat. Kunyit juga memiliki senyawa aktif yang disebut curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyembuhkan peradangan, rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan karena jerawat.

Kunyit

  • Buat pasta dari bahan kunyit. Siapkan bubuk kunyit murni yang bisa beli di pasar. Atau jika ingin agak repot, maka parut 1-2 butir kunyit. Taruh dalam wadah kecil lalu tambahkan air bersih secukupnya, jangan terlalu encer. Oleskan ke area berjerawat, bisa pagi dan sore hari. Biarkan agar mengering, lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu untuk hasil yang maksimal.

12. KULIT PISANG

Kulit pisang mengandung zat yang disebut lutein, antioksidan yang kuat untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan mendorong pertumbuhan sel yang sehat.

  • Makan pisangnya dan sisakan kulitnya. Ambil kulit pisang dan potong ukuran kecil. Lalu gosokkan bagian dalam kulit pisang tersebut dengan gerakan lembut melingkar di area jerawat (jangan menekan), selama 4-5 menit hingga warna kulit pisang berubah kecoklatan. Ambil irisan yang baru lalu ulangi. Biarkan selama kurang lebih 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi minimal 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Anda bisa melakukannya juga saat malam hari menjelang tidur, lalu cuci bersih saat anda bangun.

13. CUKA SARI APEL

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel. Anda bisa membelinya di supermarket. Cuka sari apel merupakan antiseptik dan anti-bakteri, membunuh bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Cuka sari apel mengandung desinfektan, anti-bakteri, anti-inflamasi dan bagus untuk menyeimbangkan pH tubuh. Cuka sari apel juga berisi vitamin penting, mineral, enzim, asam karbol, keton, Aldehida, asam amino, serat, anti-oksidan dan asam asetat yang dibutuhkan tubuh dan mencegah jerawat.

cuka sari apel

Berikut ini cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka sari apel, mari kita simak:

  • Siapkan mangkuk, campurkan satu bagian air dan satu bagian cuka sari apel (untuk kulit sensitif digunakan rasio 3:1). Gunakan kapas bola dan terapkan ke area berjerawat. Anda bisa melakukannya malam hari sebelum tidur, lalu cuci bersih saat bangun. Jika dilakukan pagi/siang hari, biarkan pada beberapa menit, kemudian cuci dengan air bersih dan pakai pelembab.

14. ES BATU

Menghilangkan jerawat juga bisa menggunakan es batu. Orang-orang menggunakannya karena bisa untuk semua jenis kulit dan tentu saja biaya yang murah. Es batu berfungsi untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Es juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah bila diterapkan pada daerah yang terkena jerawat dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan jerawat.

  • Cara penggunaan es batu pun sangat mudah. Caranya: bersihkan terlebih dahulu wajah anda dan keringkan. Ambil kain lap dan bungkus es batu di dalamnya. Kompres kain dan es tersebut di atas jerawat. Lalu bergerak melingkar di area berjerawat setidaknya 2-3 menit. Angkat terlebih dahulu, ulangi kembali satu menit berikutnya, tetapi kali ini lepas kainnya sisakan es batu lalu gerakkan lembut di area jerawat. Ingat untuk tidak menempatkan es langsung pada kulit karena bisa menyebabkan frostbite. Lakukan hal ini sesering mungkin untuk hasil yang maksimal. Anda juga mengkombinasikan es batu dan air lemon.
Taukah Kamu?  Manajemen Stres Penting Untuk Kesehatan

15. AIR PUTIH

Cara menghilangkan jerawat yang terakhir adalah air putih. Minum air putih minimal 8 gelas per hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan banyak minum air putih dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh dan dapat maksimal dalam membuang racun. Jerawat bisa juga disebabkan karena timbunan racun dalam tubuh yang belum terbuang. Timbunan racun tersebut yang seharusnya keluar, namun metabolisme tubuh kita tidak lancar, akhirnya racun tersebut keluar melalui wajah kita dengan timbulnya banyak jerawat. Anda juga bisa memanfaatkan uap air. Uap air akan membantu kulit anda bernafas dengan membuka pori-pori kulit, membantu membuang minyak berlebih, kotoran dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori yang menyebabkan infeksi atau peradangan dan membantu untuk menghilangkan jerawat.

  • Taruh air panas dalam baskom dan hadapkan wajah ke arah baskom, lalu tutup kepala anda dengan handuk agar uap maksimal ke wajah anda dan tidak menyebar. Biarkan sejenak agar pori-pori anda terbuka, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi hal ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Tips Mencegah Jerawat Datang Kembali

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang disebutkan di atas dapat bekerja dengan baik, asalkan anda rajin membersihkan kulit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.  Yang tidak kalah penting dari bagaimana cara menghilangkan jerawat yang telah disebutkan diatas adalah mempertahankan wajah agar jerawat tidak datang kembali. Bukankan mencegah lebih baik dari mengobati? Berikut adalah beberapa tips mencegah munculnya jerawat :

  • Rajin membersihkan kulit. Membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih. Pilih pembersih yang tidak mengandung bahan kimia keras di dalamnya. Saat ini banyak sabun muka alami yang beredar di pasaran. Ini akan menjaga kulit anda bebas dari kotoran, minyak berlebih dan bakteri.
  • Jangan pencet! Jangan pernah memencet jerawat dengan jari atau alat lain. Hal ini dapat memperburuk infeksi dan menyebabkan kerusakan sel kulit anda.
    Hindari makeup berlebihan. Menerapkan make up atau riasan pada kulit adalah awal bakteri masuk karena tidak semua make up cocok dengan jenis kulit anda. Oleh karena itu, pakailah makeup pada kondisi tertentu saja yang memang anda butuhkan dan jangan lupa bersihkan sisa-sisa make up menjelang tidur.
  • Keringat – Jika ingin menyingkirkan bakteri penyebab jerawat, anda harus selalu membersihkan keringat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu dan mandi air hangat akan membantu meringankan masalah jerawat. Keringat dan minyak berlebih dapat berkontribusi terhadap jerawat.
  • Pola hidup sehat – makan makanan yang sehat sangat membantu membersihkan jerawat yang anda derita. Masukkan menu buah-buahan segar dan sayuran dalam masakan anda. Hindari junk food dan kafein karena akan meningkatkan pertumbuhan jerawat.

Itulah cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat serta murah. Penggunaan bahan alami sangat baik jika dibanding dengan penggunaan obat kimia. Walaupun obat kimia memberikan hasil yang relatif lebih cepat, akan tetapi obat-obatan memiliki efek samping. Oleh karena itu, penggunaan bahan alami dalam perawatan wajah sangat dianjurkan. Pilih salah satu atau beberapa cara diatas, lakukan secara rutin dan disiplin, serta bersabarlah agar mendapatkan hasil yang maksimal.

akhmad rizaldi

akhmad rizaldi

Seorang Blogger Geek yang bekerja sebagai ASN
akhmad rizaldi

Latest posts by akhmad rizaldi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *